Kamis, 31 Desember 2009

Pendidikan Antikorupsi Untuk Etika Bisnis yang Sehat

Senin, 03 Desember 2007 | 14:24 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Konferensi Internasional Asian Forum on Bussiness Education (AFBE) 2007 dengan tema, "Etika Bisnis dan Korupsi di Sektor Publik dan Swasta". Konferensi ini diikuti 75 peserta dari Asia, Afrika, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Wakil Rektor UNJ, Soeprijanto, menyatakan forum ini digelar untuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan bisnis. "Di sini peran perguruan tinggi sangat penting. Belum ada kurikulum yang terintegrasi dengan pendidikan korupsi," katanya.

Ia menganggap pendidikan kewarganegaraan yang selama ini diberikan kepada mahasiswa tidak cukup untuk memberantas korupsi.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UNJ, Dedi Purwana, menyatakan korupsi dan etika bisnis yang tidak baik menyebabkan praktik bisnis yang tidak sehat. "Andai perguruan tinggi atau lembaga pendidikan di bawahnya bisa mendidik perilaku bisnis yang baik, korupsi bisa dicegah sejak dini," katanya.

Ia menambahkan, saat ini di UNJ perilaku pemberantasan korupsi sudah mulai ditanamkan lewat kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. REH ATEMALEM S.

Sumber:

Tidak ada komentar: