Jumat, 01 Januari 2010

Walt Disney Tuntaskan Akuisisi Marvel USD4,24 M

Jum'at, 1 Januari 2010 - 16:06 wib

Widi Agustian - Okezone


NEW YORK - Walt Disney Co telah menyelesaikan akuisisinya atas Marvel Entertainment Inc dengan nilai USD4,24 miliar.

Dengan demikian, ikon seperti Spider-Man, Iron Man serta lima ribu karakter lainnya milik Marvel, akan bergabung dengan Mickey Mouse dan Donald Duck di Walt Disney.

"Akuisisi tersebut akan membuat revenue dan laba Disney tumbuh. Karena kreativitas dan bisnis yang potensial merupakan kombinasi yang subtansial," kata Chief Executive Marvel Isaac Perlmutter (Ike) seperti dilansir dari Associated Press (AP), Jumat (1/1/2010).
                                                                                      Ilustrasi: Spiderman (Foto: Associated Press)

Transaksi tersebut selesai lebih awal dari yang diperkirakan, yakni pada Kamis waktu setempat. Ternyata Ike, yang memiliki sebanyak 37 persen saham Marvel, mendukung transaksi tersebut. Pasalnya, pascaakuisisi tuntas, Ike akan memimpin unit bisnis Marvel, dan akan melaporkan langsung kepada CEO Disney, Robert Iger.

Terkait dengan transaksi tersebut, pemegang saham Marvel akan menerima USD30 per saham, ditambah dengan 0,7452 lembar saham Disney bagi setiap lembar saham Marvel yang dimilikinya.

Transaksi tersebut merupakan transaksi Disney yang terbesar sejak Disney mengakuisisi Pixar Animation Studios Inc, yakni senilai USD7,4 miliar pada 2006 lalu.

Tak hanya itu, Disney juga akan mengambil sebanyak 10 persen saham dari POW! Entertainment Inc dengan nilai USD2,5 juta.

Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang dipimpin oleh pembuat karakter Spider-Man, Stan Lee. Ia mengatakan pihaknya telah membina hubungan selama tiga tahun dengan Disney, yakni dengan memberikan hak yang lebih besar terhadap output kreatif dan eksklusif layanan konsultasi. (wdi)(rhs)

Sumber:
 

Tidak ada komentar: