Sabtu, 20 Desember 2008

PENELITIAN RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP

Sabtu, 20 Desember 2008

RISTAYUNI HERAWATY. N
3 EA 01/ 10206846


PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN DAN PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN DI RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP

Tema: Faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah pelanggan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG PENELITIAN
Manajemen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp semenjak tahun 2006 telah menyadari bahwa bagian yang penting dari instrumen pemasaran produk perbankan adalah pesan (message) yang dikomunikasikan kepada pelanggan melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial (Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa restoran untuk mencermati strategi-strategi yang paling tepat.

Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Pengelolaan produk lebih menekankan bahwa pelanggan memerlukan jenis-jenis dan fasilitas tertentu, seperti variabel kualitas makanan, jenis menu dan sajian makanan, hadiah, dan pelayanan.

Menurut Juanda (2005) faktor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan cafe adalah produk, pelayanan dan promosi. Produk mencerminkan persepsi nasbah terhadap variasi dan kualitas produk dan jasa yang diberikan oleh restoran, serta persepsi kualitas pelayanan para karyawannya. Sedangkan promosi mencerminkan persepsi pelanggan terhadap kegiatan pelanggan sales promotion dan personal selling yang dilakukan.

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka penulis memberi judul penelitian " Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan di Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp".

1.2 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan promosi terhadap peningkatan jumlah pelanggan di Restoran & Rib Kenyot Corp dan strategi apa yang digunakan.

1.3 PERUMUSAN MASALAH
Peningkatan jumlah pelanggan terhadap suatu restoran merupakan salah satu faktor utama dalam peningkatan kualitas makanan, pelayanan, dan lain-lain. Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003).

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dikatakan bahwa kegiatan promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam suatu restoran atau perusahaan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
  1. Seberapa besar pengaruh promosi dalam meningkatkan jumlah pelanggan di Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp
  2. Strategi dan kebijakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp untuk meningkatkan jumlah pelanggan
1.4 FRAME WORK/ KERANGKA PIKIR
Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial (Stanton, 1996).

Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003).

Menurut Juanda (2005) faktor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan cafe adalah produk, pelayanan, dan promosi. Produk mencerminkan persepsi nasabah terhadap variasi dan kualitas produk serta jasa yang diberikan oleh restoran, serta persepsi kualitas pelayanan para karyawannya, sedangkan promosi mencerminkan persepsi pelanggan terhadap kegiatan sales promotion dan personal selling yang dilakukan.

1.5 METODELOGI PENELITIAN
1.5.1 Objek Penelitian
Objek penelitian yang diamati yaitu pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
1.5.2 Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp dengan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden yang diambil secara acak (random). Metode pengambilan sampel penelitian adalah accidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang berdasarkan ketentuan (Sugiono, 1999).
1.5.3 Teknik Pengambilan Sampel
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara Non Probabilitas (Non Random Sampling Method) yaitu tidak semua subyek atau individu dari populasi mendapatkan kemungkinan (probabilitas) yang sama untuk dijadikan anggota sampel. Dalam penelitian ini kriteria non random yang digunakan adalah orang yang sedang menyantap makanan.
1.5.4 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan adalah menggunakan 2 tahap, yaitu melalui survey dan kuesioner.
1.5.5 Model
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yang merupakan gambaran dari variabel independent dan dependent. Metode pengumpulan data adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang diisi oleh pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp, sedangkan data sekunder dengan melihat data historis penjualan dan data historis pelanggan manajemen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
1.5.6 Data Variabel
Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berasal dari hasil jawaban kuesioner yang diisi pelanggan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, variabel causalitas yang diuji meliputi variabel dependent (Y) yaitu kepuasan konsumen dan variabel independent (X) yaitu faktor produk, pelayanan, dan promosi.
Kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel dependent.
Dibawah ini merupakan jenis variabel independent:
Kenyamanan tempat/ restoran (X1)
Apakah anda merasa senang dengan kenyamanan tempat yang diberikan?
Variasi makanan (X2)
Menurut anda apakah variasi makanan di Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp sudah memenuhi selera anda?
Kualitas pelayanan (X3)
Bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp kepada pelanggan?
Harga (X4)
Apakah harga-harga di Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp sudah terjangkau dengan kantong anda?
Kegiatan promosi (X5)
Apakah yang merasa senang dengan promosi yang diberikan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp?
1.6 RANCANGAN ANALISIS
Rancangan yang dapat peneliti sampaikan adalah promotion mix, dimana promotion mix merupakan instrument penting untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini merupakan metode survei yaitu metode yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan mengandalkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data.
1.6.1 Alat Analisis
Dalam penelitian ini untuk mengukur variabel yang digunakan dalam kuesioner dengan pendekatan "Skala Likert". Skala Likert adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas dalam riset pemasaran. Skala Likert menggunakan 5 angka, yaitu:
  1. Sangat puas yang diberi skor 5
  2. Puas yang diberi skor 4
  3. Kurang Puas yang diberi skor 3
  4. Tidak Puas yang diberi skor 2
  5. sangat tidak puas yang diberi skor 1
Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan:
  1. Skala Likert digunakan untuk mengetahui peningkatan jumlah pelanggan, yaitu skala yang memberikan skor untuk mengetahui derajat kepuasan responden terhadap serangkaian pertanyaan dalam kuesioner (M. Iqbal Hasan {2002:27}).
  2. Regresi Linear Sederhana adalah untuk mengetahui adakah pengaruh variabel antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Perasamaan Regresi Linear sederhananya adalah: Y = a + b (Y) dimana a = merupakan konstanta, Y = Variabel dependent, b = Koefisien regresi, X = variabel independent. b = n ∑ XY - ∑X . ∑Y : n ∑X2 – (∑X) a = ∑Y - b∑X : n

1.7 KESIMPULAN dan USULAN STRATEGI

Salah satu faktor yang dilakukan sebuah restoran atau cafe dalam meningkatkan jumlah pelanggan adalah program promosi, kegiatan promosi merupakan instrumen yang penting dalam pemasaran produk yang dikomunikasikan kepada pelanggan melalui berbagai strategi-strategi yang tepat sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Maka dapat dipastikan bahwa promosi berpengaruh positif terhadapa peningkatan jumlah pelanggan.
Strategi yang dapat dilakukan manajemen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp adalah:
  1. Mempromosikan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp di media cetak maupun di media elektronik.
  2. Menyajikan menu-menu yang baru pada awal bulan.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan pada restoran dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pelayan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
  4. Memberikan diskon spesial dan mendekorasi ruangan pada perayaan-perayaan tertentu (Tahun Baru, Valentine, Natal, Idul Fitri).